.

Welcome to Ayrie's Blog *Goresan Cinta Ayrie*

28 Oktober 2011

NO SMOKING guys!!

igh.. STOP it!!

MIRIS..
"sepertinya kamu gak malu dengan seragam yang kamu kenakan ini, saat rokok itu berdiam diri ditanganmu yang seharusnya menjadi tempat buku - buku pelajaran". hanya mampu mengatakan itu dalam hati.

yupz, ini memang bukan fenomena langka yang terjadi dikalangan remaja, entah apa yang menjadi alasan mereka menikmati asap penyakit itu. ada yang bilang gak keren kalau gak ngerokok, ada juga yang bilang kalau gak ngerokok kayaknya ada yang kurang gitu. sepakat! itu semua berawal dari rasa ingin tahu mereka, dan rasa gengsi mereka terhadap teman - temannya.

Kebiasaan merokok bagi para pelajar bermula karena kurangnya informasi dan kesalahpahaman informasi, termakan iklan atau terbujuk rayuan teman. Diperoleh dari hasil angket Yayasan Jantung Indonesia sebanyak 77% siswa merokok karena ditawari teman.
Sehingga Yayasan Jantung Indonesia mendapat kesimpulan:
1. Dengan merokok dapat membuat pandai bergaul
2. Orang yang merokok terkesan lebih keren
3. Merokok meningkatkan prestasi belajar
4. Merokok dapat menghangatkan tubuh
5. Merokok membuat kelihatan dewasa
6. Merokok membuat penampilan lebih keren.

Hasil kesimpulan itu tidak benar, karena orang merokok tidak akan mungkin mendapat prestasi, penampilan dan lain sebagainya. Justru orang yang merokok mukanya terlihat pucat, mata agak merah dan berair, giginya kuning kehitam-hitaman, bibirnya tidak merah terang agak kehitaman, bau mulut dan bau badan

sebenernya mereka tahu gak sih bahaya dari sebatang rokok itu?


Banyak efek berbahaya yang ditimbulkan oleh rokok bagi tubuh, bagi keluarga dekat, lingkungan sosial, dan ekonomi. Lebih dari 700 zat kimia additif terdapat di dalam rokok, dengan beberapa di antaranya merupakan racun dan zat yang tidak boleh terkandung dalam makanan.
Ketika dinyalakan, rokok dapat mencapai suhu tinggi yang menyebabkan pelepasan berbagai macam campuran kimia, termasuk racun seperti karbon monoksida dan hidrogen cianida, karsinogen dan bermacam mutagen. Semua zat tersebut masuk ke dalam tubuh manusia ketika perokok menghirup asap rokok.

BAHAYA MEROKOK OLEH NIKOTINE
Nikotine tidak berbau dan tidak berwarna, tetapi menyebabkan kecanduan secara fisik maupun psikologis, sehingga menyebabkan perokok ingin terus merokok.
Nikotine memasuki tubuh sebagai tetesan kecil pada partikel dari getah tembakau. Terhirup ke dalam paru2 dan dengan cepat memasuki aliran darah hingga mencapai otak dalam waktu 10 detik . Kemudian 5-10 detik berikutnya sudah menyebar ke seluruh tubuh.
Nikotine bekerja meningkatkan laju detak jantung dan tekanan darah. Perokok akan merasa lebih terjaga dan santai/relax. Dalam waktu kurang dari 30 menit, sebagian nikotine akan meninggalkan aliran darah sehingga perokok mulai merasa kurang terjaga, dan menjadi kurang tenang.
Jadi perokok akan mencari rokok yang baru untuk menenangkannya. Seiring waktu perokok akan membutuhkan lebih banyak rokok sepanjang hari untuk memenuhi kecanduannya.

KARBON MONOKSIDA
Merokok juga meningkatkan kadar karbon monoksida dalam paru2. Gas beracun ini dengan cepat diserap oleh darah dan mengurangi kapasitasnya untuk membawa oksigen. Akibatnya, perokok membutuhkan usaha fisik yang lebih besar agar darah membawa oksigen daripada yang bukan perokok. Jantung akan bekerja lebih keras, khususnya saat gerak badan yang berat. Peningkatan kadar monoksida dalam darah dapat menurunkan ketajaman penglihatan, persepsi waktu, dan koordinasi gerak tubuh.

PENYAKIT
kanker paru2, gangguan pernafasan, dan penyakit jantung. Bahaya penyakit tersebut meningkat setiap tahunnya. Gangguan pernafasan tertentu merupakan akibat dari rokok. Akibat lainnya, menurunkan kapabilitas untuk menikmati kegiatan fisik karena penyakit atau efek dari gangguan pernafasan. Merokok akan menurunkan tingkat harapan hidup.
Seiring waktu perokok akan memperparah gangguan pernafasan, penebalan saluran arteri, gumpalan darah beku, serta kanker : paru2, rahim/kandungan, tenggorokan , mulut, kerongkongan, kandung kemih, pankreas, ginjal, dan bengkak pada paru2. Selain itu perokok juga memperlihatkan gejala seperti penurunan stamina, performa atletis yang rendah, mendesah, batuk, pusing dan mudah muak. Kemudian perokok akan meningkatkan resistansi terhadap aliran udara ke paru2. Selain permasalahan serius tersebut, tembakau juga mengotori gigi dan jari, serta membuat nafas menjadi bau. Hingga pakaian dan tempat tinggal perokok cenderung berbau tembakau.

Berikut ini adalah bahaya rokok terhadap kesehatan kita
rokok dapat menyebabkan Kanker pundi kencing,
Kanker perut,
Kanker usus dan rahim ,
Kanker mulut ,
Kanker Esofagus,
Kanker tekak,
Kanker pankrias,
Kanker payudara,
Kanker paru-paru,
Penyakit saluran pernafasan kronik
Strok,
pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis
Penyakit jantung,
Kemandulan,
Putus haid awal,
Melahirkan bayi yang cacat
Keguguran bayi,
Bronkitis,
Batuk

Penyakit ulser peptik,
Emfisima,
Otot lemah,
Penyakit gusi,
Kerusakan mata
Yang tersebut diatas adalah bahaya rokok bagi perokok aktif, apa itu perokok aktif ?perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok, sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok, tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok

Di bawah ini merupakan bahaya asap rokok bagi perokok pasif.
Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung
Masalah pernafasan termasuk radang paru-paru dan bronkitis
Sakit atau pedih mata
Bersin dan batuk-batuk
Sakit kerongkong
Sakit kepala

zat Yang terkandung dalam asap rokok adalah :
2 kali lebih banyak nikotin
5 kali lebih banyak karbon monoksida
3 kali lebih banyak tar
50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan

Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya
Keguguran janin
Tumbesaran janin terencat - 30% lebih tinggi
Kematian janin dalam kandungan
Pendarahan dari uri (abruption placenta)
Berat badan berkurang - 20 hingga 30%




so, masih CINTA sama DIRI KITA KAN?? STOP MEROKOK SELAMATKAN DIRI

1 komentar:

  1. bagus kak blognya :)
    buka blog aku juga ya kak di farizafahmi.blogspot.com

    BalasHapus